Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendam Udayana Bantah Terlibat Penyebaran Foto Kapolresta Denpasar dengan Terpidana "Bali Nine"

Kompas.com - 07/03/2015, 14:56 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pendam IX/Udayana membantah ikut terlibat dalam penyebaran foto Kapolresta Denpasar, Kombes Djoko Hari Utomo bersama terpidana mati "Bali Nine". Foto yang diambil di dalam pesawat saat proses pemindahan Myuran Sukumaran dan Andrew Chan dari Denpasar menuju Nusakambangan itu menyebar sesaat setelah pemindahan kedua terpidana rampung.

"Pasti rekan-rekan wartawan tahu dapatnya dari mana. Saya pastikan dari Pendam tidak ada. Pendam (Udayana) di bawah kendali saya. Saya pastikan anggota pendam tidak ada memfoto itu," kata Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, kolonel Czi Abdijon Sinaga, Sabtu (7/3/2015).

Abdijon memberikan klarifikasi menyusul pemberitaan sebuah media lokal di Denpasar yang menyebut ada empat instansi yang terlibat dalam pemindahan dua terpidana asal Australia itu.

Pemberitaan itu dikhawatirkan mendatangkan dampak buruk bagi hubungan Indonesia dan Australia. "Ya sudahlah jangan dibesar-besarkan lagi. Dampak hubungan kita dengan Australia tidak bagus," tegas Abdijon.

Kapendam lantas mengimbau media untuk tidak lagi membesar-besarkan kasus munculnya foto yang diprotes Pemerintah Autralia tersebut. Dengan pemberitaan ini, pihak Kodam juga tetap akan menelusuri apakah memang ada anggota TNI yang terlibat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com