Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Begal, Polisi Perbanyak Razia di Bogor

Kompas.com - 26/02/2015, 13:38 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis


BOGOR, KOMPAS.com - Untuk memperkecil ruang gerak para pelaku begal motor, aparat kepolisian Polres Bogor mengintensifkan operasi kendaraan bermotor di sejumlah titik, seperti yang terpantau di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (26/02/2015).

Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Polres Bogor, Ipda Anaga Budiharso mengatakan, tak mudah menangkap pelaku begal, meski demikan dengan tindakan pencegahan seperti operasi rutin ini dapat mempersempit langkah para pelaku.

"Operasi ini sudah kita lakukan sejak awal Januari lalu. Tujuannya bukan hanya meminimalisir tingkat kejahatan pembegalan, tapi juga untuk menjaring para pengendara bermotor yang melanggar peraturan berlalu lintas," ucap Anaga saat di lokasi.

Anaga menambahkan, selama ini petugas juga telah memberlakukan operasi kendaraan pada malam hari sebagai kegiatan rutin. Dirinya menegaskan, pihaknya tidak hanya berkonsentrasi untuk melakukan pencegahan pembegalan, namun juga berupaya mencurigai dan mengamankan kendaraan bermotor yang diduga sebagai hasil pencurian maupun pembegalan.

"Dari hasil operasi di bulan Januari, ada 1.780 pelanggaran serta 7 unit motor yang ikut diamankan karena tak memiliki surat kendaraan bermotor. Khusus untuk kendaraan yang tak memiliki surat-surat, itu patut dicurigai," katanya.

Anaga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat berkendara serta melengkapi surat-surat kendaraan bermotor.

"Hindari jalan-jalan yang tak memiliki penerangan jalan, batasi keluar pada jam malam, dan hindari jalan yang rawan tindakan kriminalitas," imbaunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com