Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombak 6 Meter, ASDP Tutup 2 Lintasan Pelayaran di Kupang

Kompas.com - 22/02/2015, 22:36 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan menutup operasi pelayaran kapal di dua tempat di wilayah itu, hingga Rabu (25/2/2015) mendatang. Sebelumnya, ASDP sudah menutup rute pelayaran untuk sementara sejak Sabtu (21/2/2015) kemarin.

Dua lintasan yang ditutup sementara itu yakni penyeberangan dari Kupang ke Kabupaten Sabu Raijua dengan menggunakan Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Ile Ape dan Kupang ke Waingapu Kabupaten Sumba Timur dengan KMP Ine Rie II.

Kepala PT ASDP Cabang Kupang, Arnoldus Yansen, kepada Kompas.com, Minggu (22/2/2014) malam, mengatakan penutupan tersebut menyusul gelombang yang tinggi dan akibat angin kencang.

“Kondisi cuaca buruk sangat buruk sehingga kita tutup sementara dua lintasan. Kecepatan angin mencapai 35 knot per jam. Akibatnya gelombang laut khususnya di Laut Sawu tingginya mencapai enam meter,” kata Yansen.

Saat ini, kata Yansen, ASDP sedang melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kupang untuk memastikan kondisi di perairan tersebut dan akan menyampaikan melalui media jika keadaan sudah normal.

”Yang pasti besok kita tutup dan kemungkinan besar sampai tiga hari ke depan sudah bisa kita buka kembali. Saat ini kapal yang tidak beroperasi sementara berlabuh di Pulau Semau, Kabupaten Kupang,” kata Yansen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com