Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sulselbar Tunggu Instruksi Kapolri soal SP3 Kasus Abraham Samad

Kompas.com - 19/02/2015, 21:48 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -Polda Sulawesi Selatan dan Barat menunggu instruksi pimpinan Polri terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen yang melibatkan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nonaktif, Abraham Samad. Hanya saja, Wakil Kepala Polri Komisaris Jendral (Komjen) Badrodin Haiti yang juga calon Kapolri, belum memberikan instruksi apapun ke Polda Sulselbar.

Jika instruksi dikeluarkan oleh Badrodin, Polda Sulselbar bahkan mengaku bisa saja mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan atau SP3.

"Bisa-bisa saja SP3, jika ada instruksi dari Kapolri. Tapi sampai sekarang, kami belum dapat informasi itu. Jadi kami tetap pada aturan dan menunggu Abraham Samad diperiksa di markas Polda Sulselbar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Endi Sutendi, Kamis (19/2/2015).

Terkait dengan permohonan kuasan hukum Abraham Samad agar pemeriksaan dilakukan di Jakarta, Endi mengaku belum mendapat informasi dari penyidik. Demikian pula dengan ketidakhadiran Abraham besok untuk diperiksa, dia belum mendapat informasi dari kuasa hukumnya.

"Kami tetap berpedoman pada aturan yang ada. Jadi kami tetap menunggu tersangka Abraham Samad besok di markas Polda Sulselbar untuk diperiksa. Jika tersangka tidak datang, maka penyidik kembali melayangkan surat panggilan kedua," tuturnya.

Menanggapi ini, Komjen Badrodin Haiti menegaskan tidak akan serta merta mengeluarkan SP3. Menurut Badrodin, penyidik tidak bisa seenaknya mengeluarkan SP3 hanya didasarkan pada kemauan pribadi saja, bahkan demi keharmonisan hubungan antara Polri dengan KPK. (Baca: Polri Didesak Terbitkan SP3 Kasus Pimpinan KPK, Ini Jawaban Badrodin)

"Kasus-kasus itu (pimpinan KPK) bisa jalan terus, bisa juga enggak. Semua tergantung alat bukti," ujar Badrodin di kediaman dinasnya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (19/2/2015) siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com