Denpom Siantar Tangkap Dua Pengoplos Pupuk Subsidi

Kompas.com - 17/02/2015, 22:46 WIB
Dua pengoplos pupuk diamankan petugas Denpom Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (17/2/2015). KOMPAS.com/Tigor MuntheDua pengoplos pupuk diamankan petugas Denpom Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (17/2/2015).
|
EditorFarid Assifa
PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Satuan Lidkrim Denpom I/1 Pematangsiantar, Sumatera Utara, menangkap dua pelaku pengoplos pupuk subsidi, Selasa (17/2/2015). Dari kedua pelaku, petugas menyita 103 karung pupuk oplosan seberat 5,1 ton. Dua pelaku mengaku mengoplos pupuk karena diperintah Alung dari Lapas Pematangsiantar.

Terungkapnya kasus ini, menurut Komandan Denpom I/1 Pematangsiantar Letkol Sudarma Setiawan, berawal dari informasi warga bahwa di Simpang Parmonangan, Desa Sipisang-pisang, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, sering terjadi pengoplosan pupuk bersubsidi.

Saat ditangkap, kedua pelaku, Wijaya Karta (34) asal Kisaran dan Andi alias Aseng (19) warga Belawan sedang mengoplos pupuk di gudang milik Delisma Gultom.

"Anggota Denpom I/1 berhasil menangkap kedua pelaku yang sedang mengoplos pupuk dan mengganti karung pupuk bersubsidi menjadi pupuk nonsubsidi," kata Letkol Sudarma Setiawan.

Pengoplosan pupuk itu dilakukan cara mengubah warna dan mengganti karungnya menjadi produk pupuk nonsubsidi.

"Kedua pelaku mengoplos pupuk serta mengganti karung dari subsidi menjadi nonsubsidi. Lalu menjualnya ke luar daerah," katanya.

Pelaku mengaku setiap mengoplos pupuk bisa meraup keuntungan berlipat ganda. Dari setiap satu karung pupuk yang dioplos bisa meraup keuntungan Rp 250.000.

Dari keduanya, anggota Denpom I/1, selain menyita pupuk oplosan, juga mengamankan oker atau pewarna, satu buah timbangan, alat jahit dan truk Colt Diesel BK 8861 LL dan Grand Max BK 9138 PQ yang digunakan untuk mengangkut pupuk. Rencananya setelah diperiksa, kedua pelaku diserahkan ke Polres Simalungun untuk diproses hukum.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X