Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Babi, Ayam, dan Hio untuk Korban AirAsia QZ8501

Kompas.com - 05/02/2015, 16:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Keluarga korban pesawat AirAsia QZ8501 yang menganut Kong Hu Chu menggelar ritual peringatan 40 hari jatuhnya pesawat di Posko DVI Polda Jatim, Kamis (5/2/2015). Ragam sesaji yang dipercaya mampu mengantarkan arwah korban kepada kedamaian dipersembahkan.

Ritual tersebut digelar tertutup di gedung Mahameru Polda Jatim yang dipakai sebagai ruang antemortem DVI. Wartawan pun dilarang mengambil gambar pelaksanaan ritual.

Ongko Gunawan, salah satu keluarga korban, mengatakan, yang melakukan ritual adalah keluarga yang sebagian besar anggota keluarganya belum ditemukan hingga hari ini.

"Selain menggelar puji-pujian, kami juga mempersembahkan makanan kesukaan korban sebagai sesaji, di antaranya nasi, daging babi, daging ayam, buah-buahan, serta hio atau dupa," katanya.

Dia percaya, dengan ritual dan doa tersebut, korban yang hingga saat ini belum ditemukan segera bisa ditemukan, jika sudah tidak bisa ditemukan, maka kami berharap arwahnya bisa diterima di sisi Tuhan dengan damai.

Hari ini, Tim DVI Polda Jatim belum dapat merilis hasil identifikasi atau nihil. Hingga hari ke-40, sudah 68 jenazah yang teridentifikasi dari 78 jenazah yang diterima Tim DVI Polda Jatim. Sepuluh jenazah lainnya ditambah dua potongan kaki yang baru ditemukan akan diidentifikasi kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com