Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Ambon Akan Bangun Kebun Binatang di Area Hutan Lindung

Kompas.com - 28/01/2015, 11:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Maluku berencana akan membangun Kebun Binatang di Kawasan Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Untuk rencana tersebut, pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas 100 hektar.

“Rencananya kita akan bangun kebun binatang di Ambon dan hal tersebut juga sudah mendapat dukungan dari Pak Gubernur karena ini akan dibangun oleh Pemda,” ujar Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku, Nus Nendissa, di Ambon, Rabu (28/1/2015).

Nus mengungkapkan lahan seluas 100 hektar yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan kebun bintang tersebut merupakan area hutan lindung di Ambon. Areal tersebut milik Pemda setempat.

“Nantinya, semua jenis hewan akan ada di taman flora pertama di Maluku ini,” ujarnya.

Menurut dia, Pemprov Maluku saat ini ingin fokus membangun kebun bintang tersebut. Anggaran untuk membangun kebun binatang bersumber dari APBD Perubahan 2015.

“Jadi tidak main-main. Anggarannya dari dana APBD perubahan tahiun 2015 tapi tentunya kita juga akan minta dukungan anggaran dari pemerintah pusat,” katanya.

Nus mengaku, pihaknya akan secepatnya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar berbagai hal yang berkaitan dengan persiapan pembangunan bisa segera dilakukan.

“Nantinya kebun binatang ini menjadi aset Pemda Maluku. Keberadaannya juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk PAD Maluku dan akan menjadi ikon Maluku,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com