Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jasad Korban AirAsia yang Ditemukan di Laut Jawa Tiba di Pangkalan Bun

Kompas.com - 19/01/2015, 17:29 WIB

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com
- Dua jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ8501 tiba di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kalimantan Tengah, Senin (19/1/2015) pukul 09.00 WIB. Kedua jenazah tiba di daratan Pangkalan Bun setelah diangkut beberapa kapal selama semalaman secara maraton dari lokasi temuan badan pesawat.

Kedua jenazah ditemukan oleh awak kapal SKK Migas, Crest Onyx di sekitar lokasi temuan badan pesawat, Laut Jawa pada Minggu (18/1/2015) siang. Selanjutnya, kedua jenazah dipindahkan ke ke KRI Banda Aceh.

Saat itu, (Tim Basarnas sempat berupaya menjemput kedua jenazah dengan helikopter dari KRI Banda Aceh. Namun, upaya tersebut gagal dilakukan karena cuaca buruk di sekitar kapal.

Akhirnya, tim SAR gabungan memutuskan untuk mengevakuasi kedua jenazah dengan kapal ke daratan Pangkalan Bun.

Selanjutnya, kedua jenazah dipindahkan dari KRI Banda Aceh ke KRI Sibolga.

Baru pada pukul 22.00 WIB, KRI Sibolga yang mengangkut kedua jenazah tiba di Muara Kumai. Selanjutnya, Kapal Basarnas RB 214 menjemput kedua jenazah tersebut.

"Di KRI Sibolga estimasi pukul 21.00 WIB sudah di titik poin pertemuan, 3 mil dari Pangkalan Bun. Setelah dikasih kabar tiba, baru kami merapat ke KRI Sibolga untuk tranfer kedua jenazah," ujar nahkoda kapal RB 214 Pontianak, Jalu Ekoko setiba di Pelabuhan Panglima Utar.

Menurut Jalu, kedua jenazah berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. "Kondisi belum kami buka bagiannya," tukasnya.

Setiba di pelabuhan, puluhan petugas SAR gabungan langsung bergegas memindahkan kedua jenazah ke dalam dua ambulance.

Selanjutnya, kedua jenazah dibawa ke RS Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun, untuk dilakukan sterilisasi dan pengemasan ke dalam peti jenazah.

Rencananya, kedua jenazah akan diberangkatkan dengan pesawat CN 295 dari Lanud Iskandar, Pangkalan Bun ke Surabaya pada siang ini, untuk proses identifikasi.

Pantauan Tribun, pesawat CN 295 yang akan membawa kedua jenazah sudah berada di afron Lanud Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com