Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Sido Muncul Diminta Bongkar Bangunan di Sempadan Sungai Klampok

Kompas.com - 17/01/2015, 02:52 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com - Hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Komisi C DPRD Kabupaten Semarang bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan sejumlah LSM beberapa waktu lalu ternyata tidak hanya menemukan permasalahan limbah di sungai Klampok. Selain akan memanggil PT Sido Muncul terkait limbah, Komisi C juga telah meminta pabrikan jamu nasional itu agar membongkar bangunan yang ada di sempadan sungai Klampok.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Jauhari Mahmud menyatakan, hasil sidak akan segera dibawa kerapat Komisi dengan Pimpinan DPRD, yang akan dijadwalkan dalam waktu dekat ini.

"Ada beberapa hal yang perlu kami bicarakan juga antara Sido Muncul dan BLH. Termasuk temuan adanya sungai yang ditutup bangunan Sido Muncul. Menurut saya bangunan itu harus dibongkar karena tidak sesuai dengan peraturan," kata Jauhari, Jumat (16/1/2015)

Selain PT Sido Muncul, pihaknya juga akan memanggil beberapa manajemen pabrik yang lain yang berada di sepanjang sungai Klampok untuk memberikan klarifikasi di depan DPRD Kabupaten Semarang. "Segera akan kita panggil Sido Muncul dan beberapa pabrik yang di sekitarnya untuk memberikan klarifikasi," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat memprotes upaya DPRD Kabupaten Semarang yang akan memanggil manajemen perusahannya terkait limbah yang diduga mencemari sungai Klampok. Melalui sambungan telepon, Irwan meminta seluruh pihak, baik BLH, Opsi, untuk melakukan sidak juga ke perusahaan lainnya.

Dia merasa sejauh ini hanya perusahannya yang dibidik terkait persoalan limbah ini. Irwan menuntuk sejumlah pihak memberikan keberimbangan atau diperlakukan sama terhadap semua perusahaan.

"Di sekitar pabrik kami juga banyak. Misal pabrik minuman, kertas, hingga garmen. Tolong dicek juga. Apabila memang secara nyata sungai itu tercemar dari limbah milik kami, saya bertanggungjawab," ungkap Irwan, Rabu (14/1/2015) sore. (Baca: Cuma Limbahnya yang Dipersoalkan DPRD, Dirut PT Sido Muncul Protes)

 

Baca juga:

- Ini Kejanggalan di PT Sido Muncul Soal Limbah di Sungai Klampok
- Diduga Ikut Cemari Sungai, PT Sido Muncul Akan Dipanggil DPRD
- Bupati Semarang: PT Sido Muncul Sudah Dua Kali Bermasalah dengan Limbah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com