Polres Sleman Sudah Uji Coba SIM "Online"

Kompas.com - 12/01/2015, 17:16 WIB
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) Kompas.com/Oik YusufIlustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)
|
EditorFarid Assifa
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kasat Lantas Polres Sleman AKP Mariska menyatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan alat dan aplikasi untuk pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara online. Bahkan, pembuatan SIM online ini sudah diujicobakan dengan tiga polda di wilayah timur.

"Pilot project pembuatan SIM online ditetapkan di empat Polda. Polda DIY salah satunya," jelas AKP Mariska, Senin (12/1/2015).

Mariska mengungkapkan, proyek SIM online ini dirintis untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan ataupun memperpanjang SIM. Dengan sistem online ini, nantinya setiap orang tidak perlu lagi pulang ke daerah asal untuk membuat ataupun memperpanjang SIM.

"(Pembuatan SIM online) sudah berjalan. Saat ini masih perlu pengembangan koneksi agar lebih luas," tegasnya.


Biaya pembuatan SIM online masih sama dan sesuai peraturan perundang-undangan. Biaya perpanjangan SIM Rp 80.000 dan pembuatan SIM baru Rp 100.000.

Menurut Mariska, secara resmi proyek SIM online ini akan diluncurkan secara nasional pada Juli mendatang. Semua data pemilik SIM akan terkoneksi di seluruh Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X