Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Hasil Identifikasi Jenazah Diumumkan, Keluarga Korban Didampingi Psikiater

Kompas.com - 12/01/2015, 12:36 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Hingga dua pekan proses pencarian jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501, kondisi psikologi keluarga korban masih diliputi kecemasan, terutama setiap kali memantau hasil identifikasi Tim DVI yang dirilis setiap harinya. Kondisi tersebut disampaikan Kasubag Psikologi Polda Jawa Timur, AKBP M.Mujib Ridwan, Senin (12/1/2015).

"Saya kira ini wajar, karena mereka sangat berharap yang berhasil diidentifikasi itu adalah keluarganya," ujar Mujib.

Menurut dia, tim pendamping psikologi selalu memantau perkembangan kondisi keluarga korban di posko DVI Polda Jatim setiap saat.

"Upaya relaksasi dan konseling selalu kami berikan agar kondisi mereka tetap stabil," ungkapnya.

Namun pihaknya mengaku sudah memiliki langkah antisipasi jika ada kondisi psikologi keluarga korban yang berlebihan. Saat ini kata Mujib, ada 50 tenaga psikiater dari berbagai pihak yang mendampingi keluarga korban di posko DVI Polda Jatim. Mereka mendampingi keluarga korban di ruang khusus yang disediakan Polda Jatim.

Hingga hari ini, dari 48 jenazah yang diterima Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim, sudah 32 jenazah yang berhasil diidentifikasi dan sudah diserahkan kepada keluarga, kecuali dua warga negara Korea Selatan yang masih dititipkan di kontainer pendingin. Sementara itu, 16 jenazah lainnya masih proses identifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com