Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TransNusa: Aloysius Diusir dari Pesawat karena Bikin Gaduh

Kompas.com - 30/12/2014, 21:58 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Head Commercial Support TransNusa Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Budhy Syahroni Karsidin membantah telah menyeret Aloysius Jakob, salah seorang penumpang, dari dalam pesawat TransNusa pada Selasa (16/12/2014) lalu. Karsidin mengatakan, pihaknya hanya meminta Aloysius untuk turun karena telah membuat gaduh di dalam pesawat.

“Tindakan tersebut dilakukan karena penumpang (Aloysius) tersebut telah membuat gaduh, apalagi sudah ditegur oleh kru dan penumpang tersebut mengiyakan dan bersedia untuk ikut terbang. Namun begitu pintu ditutup, dia membuat kegaduhan lagi sehingga pilot sudah tidak memberi kesempatan lagi karena ini sudah menyangkut keselamatan penerbangan. Dia langsung diturunkan oleh petugas keamanan bandara,” jelas Karsidin kepada Kompas.com di Kupang, Selasa (30/12/2014).

Menurut Karsidin, jika keluhan itu disampaikan dengan baik-baik, maka pihaknya pasti akan siap menerima kritikan. Kalau memang ada bau dalam ruangan itu, lanjut Karsidin, pihaknya siap memperbaiki dan membenahinya. Namun keluhan yang disampaikan Aloysius, menuru Karsidin, tidak tepat dan terlalu berlebihan. Dari semua penumpang, kata dia, hanya Aloysius saja yang mengeluh adanya bau.

Kendati demikian, Karsidin menduga bau pengap yang muncul di dalam pesawat berasal dari bahan-bahan dalam pesawat yang masih baru dibuka karena pesawat tersebut baru melakukan penerbangan perdana.

“Pada dasarnya kita akan mengikuti proses hukum dan bertanggung jawab untuk memberikan keterangan kepada pihak yang berwajib karena posisi kami yang dituntut,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Aloysius Jacob (53), warga Kelurahan Belo, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melaporkan maskapai TransNusa ke Polda Nusa Tenggara Timur karena diturunkan paksa dengan cara diseret dari dalam pesawat itu. [Selengkapnya baca: Gara-gara Melaporkan Bau Busuk, Aloysius Diseret Keluar dari Pesawat]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com