Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Wonosobo Terbakar Lagi, Ribuan Pedagang Merugi

Kompas.com - 22/12/2014, 20:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Pasar induk Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah kembali terbakar, Senin (22/12/2014) dini hari. Ratusan dasaran di los dan ratusan kios di lantai I, II dan III ludes dilalap si jago merah.

Data yang dihimpun Kompas.com, musibah ini merupakan kali ketiga sepanjang 20 tahun terakhir. Kebakaran pertama terjadi pada 30 September 1994 dan kedua pada 11 Maret 2004.

Sementara itu, sumber api penyebab kebakaran diduga berasal dari arah lantai dasar di bagian barat laut. Api dengan cepat merambat ke los lain di pasar berlantai tiga itu. Dalam waktu sekitar empat jam, seluruh los di lantai dasar, I dan II sebelah barat pasar induk habis dilalap api.

"Kobaran api di lantai I sendiri terus berlangsung sampai siang hari. Tetapi beruntung, toko yang berada di lantai dasar dan menghadap ke arah Jalan A Yani ataupun menghadap Jalan Pasar I dan Jalan Pasar II, selamat tidak ikut terbakar," jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wonosobo Sumedi dalam press rilisnya, Senin sore.

Adapun lantai dasar dan I yang menjadi sumber api merupakan bangunan yang paling ramai dan terpadat. Sebagian besar merupakan kios yang berjualan pakaian, grabah, buah, kelontong, roti, sandal, sepatu, barang elektronik dan sebagainya.

"Sebagian besar barang dagangan itu sulit diselamatkan," ucap Sumedi.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB. Setidaknya tujuh unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan. Tidak hanya dari Kabupaten Wonosobo, tetapi juga dari Banjarnegara dan Temanggung. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian yang diderita ditaksir mencapai miliar rupiah.

Sumedi menyebutkan, total ada 2.960 pedagang yang berjualan di pasar terbesar di Wonosobo itu. Sedangkan total jumlah los sebanyak 2.891 unit dan kios 69 unit.

"Jadi sekitar 60 persen dari total 4.884 pedagang kini sementara tidak bisa berjualan," sebut Sumedi.

Sementara untuk mengantisipasi dan menjaga keamanan sekitar lokasi kebakaran, puluhan anggota Polres Wonosobo dan TNI dikerahkan. Arus lalu lintas yang menuju ke pasar induk sepanjang hari ditutup untuk kendaraan bermotor. Arus lalu lintas disalurkan melalui jalan lain.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com