Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Gamalama Masih Berpotensi Semburkan Material Vulkanik

Kompas.com - 20/12/2014, 22:27 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), masih berpotensi menyemburkan abu vulkanik. Sampai saat ini, aktivitas vulkanik di gunung berapi itu belum menunjukkan penurunan.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane mengatakan di Ternate, Sabtu (20/12/2014), pihaknya masih terus memantau aktivitas vulkanik Gunung Gamalama. Sejauh ini, gunung tersebut masih menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik sehingga statusnya masih tetap siaga.

Menurut dia, hasil pengamatan dari pukul 06.00 WIT tercatat gempa tremor hembusan terusan amplitudo 0,5-2 mm dan secara visual abu vulkanik teramati tebal setinggi 200-400 meter dari permukaan kawah Gunung Gamalama.

Selain itu, hingga hari ini, kata Darno, masih terdengar suara gemuruh lemah di kawah Gunung Gamalama yang terekam sekitar pukul 20.55-24.00 WIT pada Jumat malam, sedangkan Sabtu dini hari sekitar pukul 01.00 WIT sampai 03.00 WIT, Gunung Gamalama masih beraktivitas mengeluarkan abu vulkanik.

Bahkan, gempa tremor yang terekami hingga Sabtu hari ini, telah terjadi sekali dan menyemburkan abu vulkanik. Meski demikian, gempa menjelang letusan memang terekam tidak terlalu signifikan.

Darmo belum memastikan aktivitas vulkanik Gunung Gamalama ini akan mengalami peningkatan atau penurunan. Warga di lereng Gunung Gamalama masih bisa beraktivitas seperti biasa, namun tidak boleh mendekati kawah Gunung Gamalama minimal dari radius 2,5 km. Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak mudah mempercayai informasi tidak benar mengenai aktivitas erupsi Gunung Gamalama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com