Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan Gubernur Bali di Hari Raya Galungan

Kompas.com - 17/12/2014, 11:54 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika berpesan kepada umat Hindu di Bali untuk memaknai Hari Raya Galungan yang jatuh hari ini, Rabu (17/12/2014), agar bisa memerangi diri sendiri yang masih memiliki sifat-sifat buruk sebagai manusia.
 
"Saya berpesan kepada krama Bali (masyarakat Bali) bahwa perangnya ada dalam diri kita masing-masing, kalau kita bisa lebih sabar, lebih sederhana, lebih sayang kepada orang lain, tidak dendam, tidak benci, tulus iklas, tidak serakah, maka inilah yang disebut kemenangan dharma atas adharma. Inilah pesan saya," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Denpasar, Bali.
 
Pastika juga mengingatkan di zaman sekarang, khususnya di Bali tidak ada perang seperti zaman dahulu, untuk itu yang saat ini harus dilakukan adalah perang melawan diri sendiri dengan menjalani hidup yang benar dan bertingkah laku baik sesuai ajaran agama.
 
"Kalau zaman dulu kemenangan Dewa Indra melawan Mayadenawa, kemenangan Rama melawan Rahwana, Kemenangan Pandawa melawan Kurawa, itu dulu. Sekarang kan tidak ada perang seperti itu, khususnya di Bali, yang ada adalah perang di diri kita masing masing," tegasnya.
 
Dari pantauan Kompas.com pada hari ini, sebagian besar jalan utama di kota Denpasar cukup lengang, seperti Jalan Sudirman, Diponegoro, Gajah Mada, Teuku Umar dan lainnya, yang biasanya padat kendaraan.

Untuk hari ini, hanya beberapa kendaraan yang didominasi oleh umat berpakaian adat menuju ke pura-pura untuk mempersembahkan banten atau sesaji dalam persembahyangan Hari Raya Galungan yang diperingati setiap 210 hari sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com