Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Profil PT Krakatau Posco yang Meledak di Cilegon

Kompas.com - 15/12/2014, 19:40 WIB
Achmad Subechi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KS), joint venture dengan Pohang Iron & Steel Company (Posco), di Cilegon, Banten, pernah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (23/12/2013). Sebanyak 70 persen saham perusahaan ini dimiliki Posco dan sisanya Krakatau Steel.

"Kerja sama yang terjalin erat antara Krakatau Steel dan Posco ini saya nilai sebagai investasi jangka panjang menuju Indonesia sebagai negara industri yang tangguh. Peresmian pabrik ini merupakan wujud nyata kita semua dalam meningkatkan industri baja nasional yang selama ini dipasok Krakatau Steel dan lainnya," kata Presiden SBY ketika itu.

Hadir dalam acara itu Wakil Menteri Perdagangan, Perindustrian, dan Energi Korea Kim Jundong, serta CEO PT Posco Chung Joon Yang.

Yudhoyono mengatakan, pembangunan pabrik baja patungan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan baja Tanah Air, meningkatkan perekonomian Indonesia, serta memperluas lapangan pekerjaan. Menurut dia, pasokan baja nasional hingga saat ini masih kurang dibandingkan dengan majunya pembangunan industri baja di Indonesia.

Pabrik baja terpadu PT Krakatau Posco memproduksi bahan baku baja berupa pelat dan slab untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, di antaranya industri galangan kapal, konstruksi, dan manufaktur domestik, sekaligus memasok kebutuhan KS yang saat ini sedang melaksanakan proyek peningkatan kapasitas pabrik Hot Strip Mill (HSM).

Pabrik baja PT Krakatau Posco tahap pertama direncanakan memiliki kapasitas produksi sebesar 3 juta ton per tahun, serta akan ditingkatkan lagi menjadi 6 juta ton per tahun. Jumlah kapasitas tersebut mencapai dua kali dari total kapasitas produksi Krakatau Steel saat ini. Hingga bulan Maret 2014, produksi PT Krakatau Posco mencapai 100.000 ton baja

Baca juga:
- Ledakan Terjadi di Pabrik PT Krakatau Posco Cilegon
- Ledakan di Krakatau Posco Terjadi saat Mesin Tuangkan Besi Cair

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com