Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua RW: Yang Saya Tahu, "Wisma Banceuy" Itu Tempat Kos

Kompas.com - 10/12/2014, 08:22 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Yadin Saefudin, Ketua RW 07, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur, Bandung, Jawa Barat, Yadin Saefudin, mengaku hanya tahu Wisma Banceuy adalah tempat kos. Dia mengaku tak tahu pekerjaan gadis-gadis berpenampilan seksi yang tinggal di tempat itu.

"Saya lebih senang dengan adanya (razia) begitu. Di mana pun daerah ingin aman. Jangan pula sampai kami dikira seolah melindungi. Saya mah enggak melindungi," ujar Yadin saat ditemui di dekat wisma itu, Selasa (9/12/2014).

Wisma tersebut digerebak petugas gabungan dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP pada Selasa dini hari. Diduga, wisma ini telah menjadi lokasi prostitusi elite di Kota Bandung.

Yadin juga mengaku tak tahu soal dugaan wisma itu merupakan lokasi prostitusi elite. "Itu (Wisma Banceuy 40 A) yang saya tahu kos-kosan saja," kata dia."Yang saya tahu mereka (cewek - cewek) itu ngekos di situ, kemudian ada lakinya. Gitu saja."

Soal pengawasan, Yadin mengaku hanya sesekali mendatangi Wisma Banceuy. "Soal kerjanya (penghuni kos) juga saya enggak tahu detail. Kan kerjaan warga sendiri juga belum tentu saya tahu semua," kilah Yadin.

Catatan buruk soal tempat ini yang dimiliki Yadin adalah saat salah satu penghuni wisma bertengkar dengan pasangannya. "Pernah ada ribut malam-malam jam 2-an, malam Jumat pada mabok. Tahunya lakinya itu siapa? Ternyata aparat. Saya tahu dia aparat dari penghuni kos, yang ceweknya. Tapi enggak tahu itu benar atau enggak."

Yadin mengaku mengusir pasangan yang bertengkar pada malam itu. Namun, dia mengaku tak punya hak melarang kesenangan orang, termasuk yang kos di wisma itu. "Kalau kesenangan orang, saya enggak pernah larang. Orang juga enggak punya hak, yang penting orangnya harus ngerti, jangan uring-uringan di jalan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com