Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Paus Terdampar di Pantai Manado, Bau Busuk Menyengat

Kompas.com - 03/12/2014, 12:46 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Bau busuk yang sangat menyengat menyebar di sekitar tambatan perahu kawasan Mega Mas, tepi pantai Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (3/12/2014). Berdasarkan penuturan warga sekitar, bangkai paus tersebut sudah terlihat sekitar pukul 11.00 Wita.

"Tadi ada orang bilang ada ikan terdampar, besar dan bau. Ternyata paus, mungkin dia terseret arus ke sini," ujar Hamrin, warga sekitar.

Bangkai paus tersebut sontak menjadi tontonan warga yang melintas sebab lokasi terdamparnya paus merupakan salah satu ruas jalan yang tergolong ramai di Kota Manado.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, bangkai paus yang diduga berjenis sperm whale itu telah rusak dan nyaris hancur. Daging makhluk laut raksasa tersebut sudah hampir habis dan menyisakan kulit yang membungkus tulangnya.

Warga yang penasaran turun dari kendaraan dan mencoba mendekat ke bangkai paus yang terdampar di batu-batu penghalang ombak. Namun, beberapa orang tidak tahan dengan baunya yang sangat menyengat.

Selama ini, pesisir Sulawesi Utara sering menjadi lokasi terdamparnya paus. Beberapa bulan lalu, seekor paus dari jenis yang sama terdampar di Pulau Bunaken. Sebelum itu, seekor paus juga terdampar di Pulau Siau. Belum terlihat ada upaya dari pihak-pihak terkait untuk menangani bangkai paus tersebut. "Kalau tidak disingkirkan, kami di sini yang akan kesulitan dengan baunya," tambah Hamrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com