Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Terjadi Kenaikan Riak Gelombang Pantai Sorong

Kompas.com - 15/11/2014, 12:28 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan terjadi kenaikan riak gelombang sekitar 30 cm di Pantai Sorong, Papua, pada pukul 12.41 WIT.

"Teramati kenaikan riak gelombang di Pantai Sorong tapi tidak konklusif tsunami," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya yang dihubungi di Jakarta, Sabtu (15/11/2014).

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter yang terjadi di Halmahera Utara dan sekitarnya.

Peringatan dini tsunami dikeluarkan setelah terjadi gempa dengan magnitude 7,3 SR pada pukul 09.31 WIB dengan lokasi 1.95 Lintang Utara, 126.46 Bujur Timur dengan kedalaman 48 kilometer laut Bitung atau 160 km barat laut Ternate.

Andi mengatakan, belum ada laporan keruskan walaupun getaran gempa dirasakan di beberapa tempat sampai dengan MMI III dan IV.

Pemutakhiran data BMKG menyebutkan telah terdeteksi gelombang dengan ketinggian 0,09 meter di Jailolo pada pukul 09,43 WIB pascagempa.

"Masyarakat diminta tidak panik, namun tetap waspada. Segera menjauhi daerah-daerah yang berpotensi terjadinya tsunami di sekitar lokasi titik gempa," kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com