Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Media Sosial dan "Buzzer", Banyuwangi Promosikan UMKM

Kompas.com - 12/11/2014, 11:54 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI,KOMPAS.com - Untuk meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Pemkab Banyuwangi membantu mempromosikan produk dan usaha melalui media sosial resmi milik Pemkab Banyuwangi serta melalui buzzer atau pengguna media sosial berpengaruh (influencer) yang menjalin kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi.

Juang Pribadi, Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi, mengatakan, untuk periode November dan Desember 2014, sudah ada 10 UMKM yang akan dipromosikan.

"Produk dan jasa yang dipromosikan beragam seperti kerajinan, makanan, minuman, busana, jasa pemandu wisata, rental motor untuk wisata dan juga desain. Setelah di periode November Desember 2014, maka ada 10 UMKM baru yang akan dipromosikan di periode Januari Februari 2015. Jadi berkelanjutan," kata Juang.

Dia menjelaskan tidak ada syarat khusus untuk UMKM yang akan dibantu untuk promo. Mereka cukup mendaftarkan melalui email. Selain itu, pemilihan UMKM juga dilakukan melalui Twiter resmi Pemkab Banyuwangi.

"Nanti yang diutamakan adalah UMKM pemula dan dalam tahap pengembangan. Karena jika usahanya sudah besar, mereka sudah mempunyai biaya promosi sendiri," katanya.

Pemkab berharap dengan memfasilitasi promosi lewat media sosial, UMKM di Banyuwangi semakin berkembang karena media sosial dinilai efektif untuk pemasaran.

"Pemasarannya juga bisa menjangkau daerah-daerah lain secara lebih efisien. Jumlah pengguna twitter di Indonesia sudah mencapai sekitar 20 juta. Promosinya kami petakan, UMKM mana yang cocok dipromosikan akun A, mana yang lebih cocok dipromosikan lewat akun B, dan seterusnya," tuturnya.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi juga berencana menggelar pelatihan cara pemasaran berbasis online untuk para UMKM.

"7 Desember 2014 nanti akan dilaksanakan Business Dating antara UMKM dan peminat internet di Banyuwangi untuk membantu proses online marketing," ujarnya.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi melalui dinas terkait juga memfasilitasi pengurusan hak merek, hak cipta, Standard Nasional Indonesia (SNI), perizinan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), dan sertifikasi halal MUI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com