Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi Jalan Cepat, Protokoler Kelabakan

Kompas.com - 01/11/2014, 13:44 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


PANGANDARAN, KOMPAS.com
 — Gaya eksentrik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sempat membuat petugas protokoler Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kelabakan saat kunjungan kerja di Pangandaran, Sabtu (1/11/2014).

Salah satunya karena cara jalan Susi yang cepat dan keinginan untuk berinteraksi langsung dengan warga setempat. Berdasarkan pantauan Kompas.com, Menteri Susi beberapa kali terlihat tak mengindahkan permintaan protokoler.

Hal itu terlihat, misalnya, ketika seorang petugas protokoler mempersilakan Menteri Susi untuk masuk mobil, tetapi sang menteri malah berpelukan dan menyapa terlebih dahulu warga yang ingin bertemu dengannya di lokasi kunjungan kerja.

Gerak-gerik Susi saat berada di lapangan pun banyak yang tak diduga oleh para petugas protokoler. Menteri Susi sering bergerak sendiri, seperti berjalan menyusuri lokasi kunjungan kerja tanpa mengindahkan petugas protokoler.

"Bentar saya mau ke sini dulu. Saya nemui ibu itu dulu," kata Susi di sela-sela kunjungannya saat dipersilakan oleh petugas protokoler untuk masuk kendaraan dinas.

Warga setempat pun menganggap kunjungan kerja Menteri Susi mirip dengan blusukan Presiden Joko Widodo. Candaan dan obrolan Susi dengan warga pun sejatinya tak terlihat layaknya seorang pejabat datang ke lokasi kunjungan kerjanya.

"Ini Bu Susi kayak Jokowi di televisi. Banyak warga ingin ketemu, dan banyak juga wartawannya. Hidup Susi, hidup Jokowi," ungkap salah seorang warga setempat bernama Mimin (36).

Saat Susi mengunjungi dua lokasi di wilayah Pangandaran, ratusan warga rela berdesak-desakan hanya untuk menyapa dan bersalaman dengannya. Hal ini terutama saat Susi berada di tempat pelelangan ikan di wilayah pantai timur Pangandaran, Sabtu siang ini.

Baca juga: Susi Akan Berikan Gaji Menterinya untuk Asuransi Nelayan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com