Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Mendung, Warga Magelang Akhirnya Bisa Saksikan Gerhana "Bloodmoon"

Kompas.com - 08/10/2014, 22:45 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com — Sejumlah warga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dapat menyaksikan gerhana bulan total meski sesekali terhalang awan mendung. Mereka juga sempat mengabadikan fenomena alam itu dengan kamera ataupun ponselnya.

Susi Ratulona (40), warga Perumahan Jogonegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, mengaku sengaja keluar rumah untuk melihat langsung peristiwa langka itu secara utuh, sekitar pukul 18.00 WIB. Namun, sayang, Susi yang melihat bersama para tetangganya tidak bisa menyaksikan secara penuh lantaran gerhana itu tertutup awan mendung.

"Kami lihat (gerhana) dari teras rumah, tapi sayang sedikit mendung jadi tidak terlalu jelas," ujar Susi, Rabu (8/10/2014) malam.

Hal yang sama juga dikatakan Dimas (29), warga Jalan KH Syiraj, Grabag, Kabupaten Magelang. Dimas tidak terlalu jelas menyaksikan "bloodmoon" karena langit di atas tempat tinggalnya tertutup kabut tipis.

"Saya sudah menunggu dari sore, tetapi malah gelap karena sempat mendung. Jadi, gerhananya tidak telalu kelihatan," ujar pemilik warung ayam goreng itu.

Meski demikian, Dimas sempat mengabadikan gerhana tersebut dengan kamera ponselnya. Dia juga mengaku tetap menjalankan shalat sunat gerhana di dalam rumah.

Sementara itu, Begawan Prabu (35), warga Kota Magelang, lebih beruntung karena bisa menyaksikan gerhana bulan total dengan lebih jelas. Prabu melihatnya dari kawasan Jalan Magelang-Yogyakarta, Kecamatan Mertoyudan, sekitar pukul 18.10 WIB.

"Saya menunggu sejak pukul 17.30 WIB. Sepuluh menit kemudian, baru terlihat jelas meski memang sempat tertutup kabut tipis," ucap Prabu yang berprofesi sebagai fotografer itu.

Prabu pun tidak menyia-nyiakan peristiwa alam yang menakjubkan tersebut dengan memotretnya. "Kapan lagi bisa dapat momen istimewa seperti ini lagi," ujar Prabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com