Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Universitas Jember untuk Bebas dari Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 05/10/2014, 02:02 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, menargetkan pada 2017 semua warga kampus mulai dosen, karyawan dan mahasiswa tidak lagi menggunakan kendaraan bermotor untuk pergi ke kampus tersebut.

Ambisi ini dicanangkan pengelola Unej dengan harapan bisa mengurangi polusi udara di dalam lingkungan kampus, demi terciptanya lingkungan bersih dan nyaman untuk civitas akademika universitas itu.

“Rencananya paling telat tahun 2017 mendatang, kami akan deklarasi di dalam kampus, enggak pakai kendaraan bermotor lagi, jadi pakai sepeda,” ujar Rektor Unej, Moch Hasan, Sabtu (4/10/2014).

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, lanjut Hasan, rencana ini sudah mulai disosialisasikan kepada seluruh warga kampus untuk mulai menggunakan sepeda saat menuju kampus.

“Kami juga sedang memikirkan tahapan penyiapan program tersebut, Insyallah kami akan berusaha semaksimal mungkin,” terang dia.

Hasan berharap kepada pemerintah daerah Jember, untuk juga ikut berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat, untuk memilih sepeda sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com