Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Penyu Hijau Umur 70 Tahun Berkeliaran di Pantai Sendangbiru

Kompas.com - 01/10/2014, 17:12 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pencuri penyu hijau berumur 70 tahun dengan berat 1 kuintal, di pesisir Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, diduga masih berkeliaran. Hal itu diketahui setelah ada aksi pencurian seekor penyu hijau, dan pelaku berhasil kabur.

Menurut Maman Sudirman, Kepala Badan Kesatuan Pemangku Hutan (KBKPH) Sumbermanjing, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Rabu (1/10/2014), diduga memang ada sindikat perburuan penyu hijau di pesisir Pantai Malang Selatan.

"Memang ada indikasi jika perburuan penyu hijau berumur 70 tahun dengan berat 1 kuintal sudah masuk ke pesisir Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang," kata dia.

Para pencuri itu mencuri penyu, menggunakan jaring Titil, yang bentuknya, --pada setiap jeratan jaring, ada pisau tajam yang mematikan ikan atau penyu yang akan ditangkapnya. "Bahkan, tak hanya ikan yang bisa tertembus mata pisau itu. Hewan laut berukuran besar seperti penyu pun bisa masuk jaring itu. Jaring titil itu, informasinya, diperkenalkan oleh seseorang nelayan dari Banyuwangi. Yang jelas, jika masuk jaring itu, hewan apapun bisa langsung mati," kata dia.

Maman menduga, peredaran daging dan rumah penyu di Kabupaten Malang juga mulai jadi incaran pelaku kejahatan spesies laut yang langka itu. "Yang berhasil dicuri tapi tak berhasil dibawa kabur itu adalah penyu super, umurnya diperkiran 70 tahun," kata dia.

Lebih lanjut Maman menjelaskan, bahwa penyu hijau itu adalah penyu yang tersebar di seluruh laut tropis dan subtropis. Penyu hijau itu mendapat sebutan demikian karena terdapat lemak berwarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka.

"Saat ini, jumlah penyu hijau semakin berkurang karena banyak diburu untuk diambil pelindung tubuhnya (karapaks dan platron) sebagai hiasan," kata dia.

Selain itu, telur penyu hijau juga mengandung sumber protein yang sangat tinggi dan juga untuk bahan medis obat-obatan. "Daging penyu hijau, juga sebagai bahan makanan yang punya nilai ekonomis sangat tinggi. Ada lima jenis penyu tetap yang mendiami perairan di Indonesia. Termasuk, perairan di Samudera Indonesia yang ada di pesisir pantai Malang Selatan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com