Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Fasilitas Publik yang Dianggap Terbaik di Kota Bandung

Kompas.com - 29/09/2014, 23:00 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk memperingati HUT Ke-204 Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung akan memberikan penghargaan kepada fasilitas publik yang dianggap terbaik dan sesuai syariat Islam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Asisten Daerah I Pemkot Bandung Bandung, Meivi Adha Krisna menyebutkan, nominasi tempat terbaik tersebut dibagi dalam beberapa kategori, yakni tempat ibadah, rumah sakit, mal, obyek wisata, dan pasar.

"Ada 4 kategori, untuk mal, bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat yang islami yang sesuai dengan syariat Islam. Kemudian, terminal, kami cari terminal yang bersih dan tidak kelihatan kumuh. Dan juga rumah sakit, kami nilai bagaimana rumah sakit itu memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan apalagi masjid sebagai center of power harus tampil dengan lebih baik lagi," kata Meivi dalam acara Bandung Islamic Festival di Bandung, Senin (29/9/2014).

Menurut Meivi, 4 kategori ini adalah langkah awal. Untuk waktu yang akan datang, kategori penilaian berdasarkan tempat akan bertambah, misalnya, tempat wisata atau pasar terbaik di Bandung yang mengedepankan konsep syariat.

Meivi menyebutkan, untuk kategori tempat ibadah atau masjid terbaik diraih masjid Masjid Al Irsyad, mengalahkan Masjid Raya Bandung, Masjid Salman, Masjid Agung Bandung, dan Masjid Raya Cipaganti.

Lalu kategori rumah sakit terbaik pelayanannya disabet RS Hasan Sadikin, mengungguli RS Santosa, RS Rajawali, dan RS Al Islam. Sementara kategori mal terbaik jatuh pada Trans Studio Mall (TSM), mengalahkan Pariz Van Java (PVJ), Cihampelas Walk (Ciwalk), Braga City (BCW) Walk dan Bandung Super Mal (BSM).

Sementara untuk kategori terminal, Cicaheum dianggap terbaik memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terminal Cicaheum dinilai lebih baik daripada terminal Leuwipanjang, Kebon Kalapa, Cibeureum dan terminal Jatinangor.

Ketua Panitia Bandung Islamic Festival, Faris Thalib menjelaskan, tempat terbaik itu berdasarkan penilaian beberapa juri dari Pemkot Bandung, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan polling warga Bandung.

"Kami nilai berdasarkan sejauhmana tempat itu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, kebersihan, kenyamananya, dan fasilitas-fasilitas yang ada," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com