Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan, Mobil Damkar Disiapkan untuk Distribusi Air

Kompas.com - 23/09/2014, 12:57 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, mengaku akan menyiapkan mobil pemadam kebakaran untuk mendistribusikan air bersih bagi warga yang wilayahnya mengalami kekeringan dan kesulitan air.

"Stok air bersih kita masih cukup melalui PDAM Tirta Sukapura. Nantinya untuk distribusi kita akan siapkan armadanya. Mobil damkar kita bisa gunakan untuk mengangkut airnya," kata Uu kepada Kompas.com, Selasa (23/9/2014).

Bagi warga di wilayahnya yang telah kesulitan air bersih nantinya bisa melaporkan ke petugas pemerintah desa terlebih dahulu. Setelah itu, pihak desa akan melanjutkan laporan warga ke BPBD setempat atau Dinas Tata Ruang dan Pemukiman. Kemudian pihak terkait akan berkoordinasi dengan PDAM yang telah menyiapkan stok air bersih bagi warga.

"Setelah lokasi warga diketahui, PDAM akan langsung memenuhi permintaan instansi terkait dengan armada yang telah disiapkan, seperti mobil damkar," tambah Uu.

Hal sama diungkapkan Direktur Utama PDAM Tirta Sukapura, Enjang Hasanudin. Enjang mengaku telah menyiapkan stok air bersih bagi warga di sumber mata air yang ada di wilayah Kecamatan Cisayong.

"Kita stok air bersih sudah disiapkan secara gratis. Teknisnya nanti apabila ada instansi seperti BPBD yang hendak menyalurkan air ke warga tinggal menyiapkan armada pengangkutnya," ujar Enjang.

Ditambahkan Enjang, pendistribusian air bersih bukan hanya akan dilakukan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya saja. Warga di perkotaan atau Kota Tasikmalaya pun bisa meminta suplai stok air bersih ke PDAM ini. Sebab, selama ini pihaknya selaku penyuplai air bersih ke warga di dua wilayah tersebut.

"Bahkan bukan hanya Damkar, kepolisian dengan kendaraan watercanonnya pun bisa digunakan untuk menyuplai air bersih ke warga," tambah Enjang.

Selama musim kemarau ini, warga di wilayah Kecamatan Tamansari, Purbaratu Kota Tasikmalaya, dan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, telah kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka sangat berharap adanya bantuan air bersih dari pemerintah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com