Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Pemadam Kebakaran Hutan Mendarat Darurat

Kompas.com - 21/09/2014, 17:15 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis


PULANG PISAU, KOMPAS.com - Helikopter water bombing yang digunakan untuk operasi pemadaman kebakaran hutan gambut, Minggu (29/09/2014) siang, mendarat darurat di halaman SMP Negeri 2 Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Helikopter itu mengalami gangguan teknis saat melakukan pemadaman kebakaran hutan di sekitar desa Tumbang Nusa.

Helikopter jenis Bolkow 105 tersebut milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pilot helikopter, Kapten Dadang, terpaksa mendaratkan heli karena gangguan teknis pada bagian mesin.

Pada Kamis (18/9/2014) lalu, heli milik BNPB yang mampu mengangkut lima ratus liter air itu dikirim ke Palangkaraya untuk membantu operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut setelah sebelumnya bertugas di Kalimantan Barat.

“Mungkin karena terlalu ketinggian (operasional) dan manuvernya juga luar biasa tadi, jadi ada yang panas, kita datangin (mekanik) dari bandara,” kata Iwan, staf direktorat tanggap bencana BNPB.

Helikopter tersebut take off sekitar pukul 10.00, mengangkut empat orang terdiri dari pilot, co-pilot, staf BNPB dan staf BPBD Kalimantan Tengah untuk operasi pemadaman kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Saat ini, heli masih terparkir di halaman SMP Negeri 2 Jabiren Raya menunggu peralatan dan teknisi yang didatangkan dari posko BNPB di bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com