Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Rehabilitasi Nama Alif, Anak Tentara Korban Salah Tangkap

Kompas.com - 20/09/2014, 09:34 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com — Polisi akan merehabilitasi nama baik Caesar Alif Arya Pradana (15), anak tentara yang menjadi korban salah tangkap aparat Polsek Tingkir, Salatiga, pada Kamis (18/9/2014) lalu.

Wakapolres Salatiga Kompol Yunaldi mengatakan, empat anggota Polsek Tingkir, yang melakukan kesalahan penangkapan disertai kekerasan terhadap Alif, sudah diproses dan ditangani provos.

Untuk mengembalikan nama baik korban, rencananya pada Senin (22/9/2014), Polres Salatiga datang ke SMP 4 Salatiga untuk mengumumkan bahwa Alif tidak terkait dengan kasus pencurian sepeda motor, seperti yang dituduhkan sebelumnya.

"Kami akan memberi pengumuman saat upacara di sekolah bahwa Caesar Alif Arya Pradana tidak terkait dengan kasus pencurian motor. Kepada keluarga, sekolah, dan masyarakat, kami mohon maaf atas kesalahan ini," kata Wakapolres, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (19/9/2014) malam.

Ia mengungkapkan, kesalahan memang ada di anggota kepolisian, termasuk tindakan-tindakan represif saat menginterogasi korban yang notabene masih di bawah umur. "Pihak kami juga sudah meminta maaf kepada orangtua korban. Binmas Polres Salatiga sudah mendatangi sekolah SMP 4 Salatiga untuk meminta maaf," ungkap Kompol Yunaldi.

Sebelumnya, Kapolres Salatiga AKBP Ribut Hadi Wibowo, Wakapolres Kompol Yunaldi, Kanit Propam Iptu Santoso, dan perwakilan empat anggota yang melalukan penangkapan terhadap Alif menemui orangtua Alif untuk meminta maaf terkait insiden salah tangkap tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com