Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kedatangan SBY, Anggota TNI Gelar Simulasi Gempa dan Tsunami

Kompas.com - 11/09/2014, 13:31 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Sebanyak 1.500 personel gabungan TNI dari berbagai matra menggelar simulasi penanganan bencana tsunami dan gempa bumi di Gedung Eks-STQ, Provinsi Bengkulu, Kamis (11/9/2014).

Kepala Komando Pendidikan dan Latihan Mabes TNI, Mayjen (mar) W Mendra, menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kategori operasi militer bukan perang sebagai upaya TNI dalam menyokong Pemda dalam hal penanganan siaga bencana.

"Ini merupakan latihan puncak yang diselenggarakan TNI, kegiatan ini juga berkorelasi dengan rencana kedatangan Presiden SBY ke Bengkulu," kata Mendra.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah, mengatakan bahwa langkah gelar simulasi tersebut sebagai bentuk latihan semua jajaran TNI bekrjasama dengan Pemrov Bengkulu jika betul terjadi bencana di daeraha itu.

"Bengkulu merupakan lokasi rawan gempa," ungkap Junaidi.

Simulasi dilakukan secara berpencar di beberapa titik terutama kawasan pesisir Pantai yang berada di Bengkulu, para TNI dan unsur gabungan seperti Basarnas, Polri, Pramuka, dinas sosial melakukan langkah penyelamatan bersama.

Peserta juga direncanakan akan melakukan simulasi pencarian korban yang berada di reruntuhan gedung dan beberapa tempat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com