Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Ada Monumen Cinta Habibie Ainun di Parepare

Kompas.com - 29/08/2014, 05:55 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Kamis (28/8/2014) petang, menjadi hari yang panjang bagi Presiden Ketiga Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie. Beragam agenda dia jalankan petang itu di Parepare, Sulawesi Selatan, termasuk meresmikan dimulainya pembangunan Monumen Cinta Habibie Ainun.

"Monumen ini dibangun untuk mengenang cinta Bapak BJ Habibie dan Ibu Ainun, sebagai cinta sejati, “ kata Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dalam sambutan peresmian itu, Kamis. Monumen tersebut akan berlokasi di sudut lapangan Andi Makkasau, Kelurahan Malusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Lima kalimat cinta

Saat meresmikan dimulainya pembangunan monumen, Habibie membubuhkan lima kalimat cinta pada papan yang telah disiapkan Pemerintah Kota Parepare. Pesan ini nanti akan ditorehkan di monumen tersebut.

Kelima kalimat cinta itu adalah "cinta pada sesama manusia", "cinta pada karya sesama", "cinta pada lingkungan", "cinta pada pekerjaan", dan "cinta pada Tuhan". Habibie memberinya nama "Panca Tunggal".

"Jika kelima cinta ini kita jaga, maka kita akan sukses dalam kehidupan di dunia dan akhirat," kata Habibie, usai membubuhkan kelima kalimat itu. Monumen ini akan dibangun dengan dana Rp 500 juta, sebagai bagian dari renovasi lapangan.

Selain meresmikan dimulainya pembangunan monumen ini, Habibie sudah terlebih dahulu meresmikan Institut Teknologi Habibie di kota ini. Habibie juga sempat bernostalgia ke rumah masa kecilnya yang sekarang telah menjadi rumah dinas milik Bank BNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com