Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Sempat Hadang Massa Pendukung Prabowo di Tol Gadog

Kompas.com - 21/08/2014, 17:16 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Massa pendukung Prabowo Subianto dari Bogor sempat dihadang aparat kepolisian ketika memasuki pintu Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (21/8/2014) siang.

Suasana sempat tegang ketika massa pendukung Prabowo melakukan protes kepada petugas kepolisian. Sebab, mereka dilarang memasuki Tol Jagorawi untuk menuju Jakarta.

Setelah melakukan dialog dengan aparat, akhirnya massa diperbolehkan masuk ke tol. Salah seorang pendukung Prabowo, Herman, mengatakan, tujuan mereka ke Jakarta bukanlah membuat huru-hara, melainkan ingin datang ke Gedung MK untuk mengawal proses konstitusi terkait putusan sidang sengketa pilpres.

“Kami ke Jakarta atas keinginan sendiri untuk mengawal hasil putusan MK secara konstitusi, bukan ke Jakarta untuk buat onar,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Megamendung AKP Asyikin menyatakan, pihaknya mengira massa yang akan berangkat ke Jakarta sebanyak 150 orang sehingga dicegah.

“Namun, setelah dicek, jumlah massanya kurang dari 50 orang, maka diperbolehkan masuk ke Tol Jagorawi,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, massa pendukung Prabowo asal Bogor itu dibawa oleh dua bus wisata. Satu bus berangkat dari Kota Bogor, sedangkan satu bus lagi berangkat dari Puncak.

Kedua bus itu berencana menuju ke Jakarta untuk bergabung dengan massa pendukung Prabowo lain yang melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta saat Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan tentang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Satu bus dari Kota Bogor sempat berputar-putar karena tidak bisa masuk ke Tol Jagorawi dari pintu Tol Baranangsiang. Hal itu membuat bus tersebut mengambil jalan Tajur menuju Ciawi untuk masuk tol melewati pintu Tol Gadog.

Hal yang sama terjadi pada rombongan bus dari Puncak yang tidak bisa langsung masuk tol melalui simpang Gadog. Bus dihalangi petugas, dan akhirnya memilih jalan raya Ciawi-Bogor.

Karena di simpang Ciawi bertemu dengan bus dari Kota Bogor, maka kedua bus itu berusaha terus masuk ke Tol Jagorawi. Namun, setelah sampai di depan pintu Tol Gadog, ternyata sudah diblokade oleh aparat keamanan.

Kejadian itu membuat massa turun dari bus untuk memprotes penghadangan tersebut. Setelah terjadi dialog dengan aparat kepolisian, dan polisi melihat jumlah pendukung Prabowo tidak sampai lebih dari 50 orang, akhirnya petugas memperbolehkan kedua bus itu masuk ke pintu Tol Gadog.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com