Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibur Warga Lapas, Ganjar Pranowo Gendong Bayi Usia 4 Bulan

Kompas.com - 18/08/2014, 14:50 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terlihat berbeda ketika menghibur para narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bulu, Semarang, Senin (18/8/2014).

Ganjar menggendong bayi berusia empat bulan yang tinggal di dalam penjara bersama dengan ibunya. Selain menggendong bayi, Ganjar juga menghibur napi dengan ikut berjoget bersama dan mendendangkan lagu. Setelah itu, dia terlihat asyik berfoto dengan para penghuni lapas.

Ganjar mengatakan, hiburan kepada warga lapas tidak sekadar hanya untuk bersenang-senang. "Ini kami lakukan agar warga binaan merasa punya teman, merasa tidak terasingi dan terisolir. Kami tentu berharap agar perilaku mereka bisa jadi lebih baik," kata Ganjar.

Demi menyambut orang nomor satu di Jateng ini pun, warga binaan menghibur Ganjar dengan penampilan paduan suara lagu-lagu kemerdekaan. Mereka juga menyajikan hasil olahan masakan untuk dicicipi Ganjar.

Lapas Bulu saat ini dihuni 284 narapidana. Namun, tidak semua napi mendapat remisi. Hanya 214 di antara mereka yang diusulkan mendapat remisi khusus Hari Kemerdekaan RI. "Dari usulan itu, hanya 95 yang mendapatkan remisi dan salah satu langsung bebas tanggal 17 Agustus kemarin karena dapat remisi umum," ujar Kepala Lapas Bulu Suprobowati.

Tidak disebutkan secara mendetail siapa yang bebas tersebut, tetapi dia tersangkut kasus penipuan kendaraan dan hukumannya satu tahun dan enam bulan penjara. "Di sini juga ada warga negara asing, ada lima orang. Dari mereka, ada yang dapat remisi, ada juga yang tidak dapat," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com