Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total, 47 Orang Luka-luka dalam Bentrok di Pulau Seram

Kompas.com - 04/08/2014, 16:14 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Selain enam warga yang tewas, bentrokan antarwarga Desa Iha dan Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, menyebabkan 47 warga dari kedua desa itu luka-luka (baca juga: Bentrok Antarwarga di Pulau Seram, 6 Orang Tewas).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Maluku AKBP Hassanudin Mukadar, saat dihubungi, Senin (4/8/2014) sore.

"Korban luka-luka dari kedua warga desa yang terlibat bentrokan semuanya berjumlah 47 orang," kata Hasanudin.

Sebagian warga yang mengalami luka-luka dirawat di desanya masing-masing dan sebagian terpaksa dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di Ambon untuk menjalani perawatan medis.

Dia mengungkapkan, selain korban luka, enam warga juga dinyatakan tewas dalam bentrokan tersebut. Enam warga yang tewas itu ialah Matahe Waliulu, Isa Heluth, Ongen Payapo, Taher Silehu, Jamding Suneth, dan A Putuhena.

Menurut Hasanudin, semua korban yang mengalami luka-luka umumnya terkena panah, tembakan senjata, dan sabetan parang saat bentrokan terjadi.

"Kalau korban meninggal dari Desa Luhu itu ada lima orang. kalau korban luka-luka yang dirawat di RS Alfatah ada 11 orang," katanya.

Selain di RS Alfatah, Ambon, sejumlah warga Desa Iha juga dirawat di RSUD Haulussy Ambon. Menurut Hasanudin, hingga kini polisi masih terus menyelidiki penyebab terjadinya bentrokan antara kedua desa bertetangga itu.

"Soal penyebab bentrokan, polisi masih terus menyelidikinya," katanya singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com