Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Pedagang Tangkubanparahu Bertambah

Kompas.com - 29/07/2014, 18:31 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, memang Jawa Barat tak pernah sepi pengunjung baik di hari libur biasa ataupun hari libur khusus seperti Lebaran ini.

Selain pemandangan alam yang indah, dengan diperbolehkannya mobil masuk ke kawasan wisata, pengunjung tidak perlu bersusah payah berjalan kaki untuk menikmati pemandangan Kawah Ratu.

Kemudahan untuk para pengunjung tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar gunung yang mencari nafkah di gunung yang terkenal dengan legenda Sangkuriang itu. Apalagi di musim liburan seperti sekarang ini.

Putra Kaban, Direktur Utama Pengelola TWA Tangkuban Parahu, PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), mengatakan, dari 1080 pedagang resmi yang dibina PT GRPP, ada tambahan sebanyak 100 pedagang musiman.

"Pedagang tambah sekitar 100. Mereka kita imbau untuk mengambil tempat masing-masing, tidak mengganggu pengunjung dan tidak membahayakan diri sendiri," kata Kaban di pos penjualan tiket TWA Gunung Tangkuban Parahu, Selasa (29/7/2014).

Meski mengizinkan para pedagang musiman berjualan, PT GRPP tetap membatasi jumlah pedagang ketika hari normal. Menurut dia, hal tersebut dilakukan demi menjaga kenyamanan para pengunjung.

"Senin nanti sudah tidak boleh ada penambahan pedagang. Setelah Senin akan normal kembali, mereka pasti sadar sendiri," kata Kaban.

Sementara itu, jumlah pengunjung yang masuk ke TWA Tangkuban Parahu di hari kedua Lebaran sekarang lebih dari 15.000 ribu orang pengunjung dan diprediksi hingga pukul 14.30 WIB atau sampai ditutupnya loket mencapai 20.000 orang.

Menurut Kaban, jumlah tersebut terbilang meningkat dari tahun sebelumnya. "Puncaknya mungkin di hari Sabtu nanti," ucap dia.

Sementara itu, Kaban mengatakan kenaikan harga tiket pada awal tahun lalu tidak mempengaruhi antusiasme pengunjung untuk tetap menjadikan TWA Gunung Tangkuban Parahu sebagai salah satu destinasi wisata di bumi priangan.

Seperti diketahui, pengelola kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) memutuskan untuk menaikan harga tiket masuk perorangan di awal tahun 2014.

Tiket masuk satu orang wisatawan nusantara (Wisnu) dari harga sebelumnya Rp 11.000 naik menjadi Rp.17.000 setelah ditambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 2.000.

Sementara satu tiket untuk satu orang wisatawan mancanegara (Wisman) naik dari harga sebelumnya Rp. 30.000 menjadi Rp. 75.000 setelah ditambah PNBP sebesar Rp.15.000. "Meski harga tiket naik, saya salut sama antusiasme pengunjung," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com