Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Baku Tembak di Lanny Jaya yang Sebabkan 2 Polisi Tewas

Kompas.com - 29/07/2014, 10:14 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak delapan personel Polres Lanny Jaya, Papua, diserang oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Indawa, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Minggu (28/7/2014) pukul 12.10 WIB. Dua polisi tewas dengan luka tembak di kepala (baca selengkapnya: Kedua Polisi di Lanny Jaya Tewas Akibat Luka Tembak di Kepala).

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Ronnie F Sompie menyebutkan, awalnya delapan polisi tengah berpatroli. Patroli dilakukan dengan menyambangi desa demi membangun sistem keamanan masyarakat pedesaan.

"Tiba-tiba personel kami diserang oleh KKB dan berakibat dua personel meninggal dunia dan yang lainnya mengalami luka-luka," ujar Ronnie, Senin malam.

Ronnie mengatakan, pihaknya menduga bahwa serangan tersebut didalangi oleh kelompok kriminal bersenjata yang dipimpin oleh Enden Wanimbo.

Korban meninggal dunia bernama Bripda Zulkifli Putra dan Bripda Yoga AJ Ginuny. Dua personel polisi lain mengalami luka tembak, yakni Briptu Heskia Bonyadone dengan luka tembak di perut dan Bripda Alex Numberi dengan luka tembak di pelipis.

Korban pun dibawa ke RS Wamena yang berjarak dua jam dari tempat kejadian perkara. Ronnie melanjutkan, pihaknya langsung memburu pelaku penyerangan. Hingga pukul 16.00 WIB, Senin kemarin, 20 personel dari Tim Khusus Polda Papua dan 2 SST Brimob masih baku tembak dengan penyerang. Hingga Selasa pagi, pelaku penyerang belum tertangkap.

"Guna memperkuat pasukan, hari ini 29 Juli, Wakapolda, Direktur Intelkam, Kasat Brimob Polda Papua akan berangkat ke Lanny Jaya via Wamena," ujar Ronnie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com