Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Lebaran, Suasana di Jalan Malioboro Relatif Lengang

Kompas.com - 28/07/2014, 15:33 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Jalan Malioboro, Yogyakarta, terlihat lebih lengang pada hari pertama Lebaran 2014, Senin (28/7/2014). Sebagian besar toko di pusat perbelanjaan di Jalan Solo dan Malioboro pun tutup.

Pantuan Kompas.com, di pusat perbelanjaan Jalan Solo yang sehari-harinya selalu dipadati pengunjung, hari ini kondisinya jauh lebih lengang dibandingkan Jalan Malioboro. Bahkan hanya satu-dua toko di Jalan Solo yang buka.

"Hari H lebaran ini arus lalu lintas yang masuk e kawasan Malioboro masih relatif sepi," ujar Iriandi, Koordinator Lapananga Dukungan Komunikasi (Dukom) Orari Kota Yogyakarta, saat ditemui di Pos Teteg, Yogyakarta, Senin siang.

Irlandi menuturkan, sejak pagi sampai dengan pukul 11.00 WIB, hanya satu atau dua kendaraan yang melintas di Jalan Malioboro dalam suatu waktu. Menjelang siang, beberapa kendaraan pribadi tampak mulai melintas di Jalan Malioboro. Mobil-mobil tersebut hanya melintas karena toko-toko belum buka semuanya. "Kebanyakan mobil-mobil yang melintas dari luar Yogya," kata Irlandi.

Jalan Malioboro diperkirakan akan mulai dipadati oleh kendaraan wisatawan pada hari kedua setelah Lebaran. Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak kepadatan arus wisatawan di sana terjadi pada hari ketiga hingga keempat seusai Idul Fitri.

Sementara itu, Sugianto, salah satu tukang parkir di Jalan Malioboro, mengatakan, sebagian besar toko di Malioboro tutup pada saat Lebaran. Kalaupun ada yang buka, biasanya hanya setengah hari. "Besok Selasa akan buka. Sekarang beberapa buka, tapi kebanyakan tutup," kata dia.

Menurut Sugianto, seperti tahun-tahun sebelumnya, warga memanfaatkan hari pertama Lebaran untuk bersilahturahim dengan kekeluarga. Warga mulai memanfaatkan waktu untuk mengunjungi obyek-obyek wisata pada hari kedua Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com