Malam Takbiran, Beduk Raksasa hingga Tasbih Raksasa

Kompas.com - 27/07/2014, 11:08 WIB
Tasbih raksasa yang dibuat pengurus Masjid Pleteng, Kelurahan Mamminasae, Kota Pinrang, menyambut Idul Fitri 2014. KOMPAS.ComTasbih raksasa yang dibuat pengurus Masjid Pleteng, Kelurahan Mamminasae, Kota Pinrang, menyambut Idul Fitri 2014.
|
EditorHeru Margianto

PINRANG, KOMPAS.com
- Masyarakat Pinrang, Sulawesi Selatan, memiliki tradisi menyiapkan berbagai atribut Idul Fitri untuk memeriahkan malam takbiran. Berbagai atribut itu nantinya akan diarak keliling kota di malam takbiran.

Kemeriahan menyiapkan atribut Lebaran tampak hampir di setiap masjid di Pinrang.  Pengurus Masjid Pleteng, Kelurahan Mamminasae, sepekan menjelang Lebaran membuat ketupat raksasa, beduk raksasa, tasbih raksasa, dan Al Quran raksasa.

Butiran tasbih raksasa yang jumlah 99 itu ukurannya sebesar bola kaki. Butuh beberapa orang untuk mengangkatnya. Sementara ketupat raksasa tinggi mencapai 2,5 meter.

“Ini sudah jadi tradisi turun temurun. Tanpa komando dari pemerintah semua pengurus masjid dan mushala mempersiapkan sendiri berbagai atribut Lebaran untuk memeriahkan malam takbiran,”ujar Andi Ali, salah satu pengurus Masjid Pleteng.

Berbagai atribut Lebaran ini rencananya akan diarak keliling kota kecamatan dan kabupaten di Pinrang pada malam takbiran.  Ribuan umat Islam pawai keliling kota menggunakan kendaraan angkutan umum atau truk terbuka hingga motor. Pawai ini dimaknai sebagai simbol kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan puasa.

Meski pemerintah setempat setiap tahun mengimbau warga dan pengurus masjid agar membatasi peserta takbiran, tetapi antusias warga menyambut Lebaran biasanya membuat jalan-jalan kota dan desa kerap macet hingga berjam-jam. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X