Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Kecelakaan Simpang Mengkreng Dipasangi Tiga CCTV

Kompas.com - 23/07/2014, 19:12 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Simpang Mengkreng yang menjadi titik pertemuan arus lalu lintas dari tiga kabupaten yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, serta Kabupaten Kediri yang ada di Jawa Timur, menjadi salah satu titik lalu lintas yang tergolong berbahaya.

Bahkan, di persimpangan yang juga menjadi titik temu kendaraan lintas provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah itu terdapat lintasan jalur kereta api. Sehingga, lokasi ini mendapat perhatian khusus.

Pada simpul yang juga disebut dengan Bangjuri (kependekan dari nama tiga kabupaten) itu, kini terdapat tiga perangkat kamera pengawas atau cctv untuk memantau arus lalu lintas.

Masing-masing kamera pengawas itu dipasang oleh National Traffic Management Centre di bawah Korlantas Polri, Regional Traffic Management Centre di bawah Polda Jawa Timur, serta Traffic Management Centre yang dinaungi Polres setempat.

"Dari jenis cctv itu dapat disimpulkan betapa pentingnya simpang Mengkreng ini untuk diawasi," kata Ajun Komisaris Dhyno, Kasatlantas Polres Kediri, Rabu (23/7/2014).

Untuk arus mudik Lebaran 1435 H ini, kata Dhyno, saat ini belum nampak adanya peningkatan jumlah kendaraan secara signifikan. Tren peningkatan instensitas itu menurut dia setiap tahun berubah-ubah. "Namun kapanpun ada peningkatan arus, kita selalu siap mengawasi," tandas dia.

Sementara itu, arus lalu lintas di tempat itu memang masih lancar. Jenis kendaraan masih didominasi truk dan bis besar angkutan penumpang. Sesekali terjadi macet, namun penyebabnya adanya kereta api yang melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com