Eko Budihardjo, Mantan Rektor Universitas Diponegoro Berpulang

Kompas.com - 22/07/2014, 22:38 WIB
Prof Ir Eko Budihardjo, MSc KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAProf Ir Eko Budihardjo, MSc
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com
— Mantan Rektor Universitas Diponegoro, Eko Budihardjo, meninggal pada Selasa (22/7/2014) malam, di Semarang, Jawa Tengah. Kabar duka ini langsung menyebar luas di Twitter.

"Dari Allah kembali ke Allah: kuterima kabar duka, Prof Ir Eko Budihardjo berpulang. Guru, panutan, peneduh handai taulan. Sugeng tindak," tulis budayawan Jawa Tengah, Prie GS, lewat akun Twitter-nya, Selasa malam, di antara ucapan duka yang bertebaran di lini masa.

Pemegang gelar insinyur arsitek dari Universitas Gadjah Mada angkatan 1969 ini adalah putra kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah, kelahiran 8 Juni 1944. Gelar masternya di bidang Perencanaan Kota dia dapatkan dari University of Wales Institute of Science and Technology, Inggris, pada 1978.

Eko pernah menjabat sebagai Kepala Biro Penelitian Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Ketua Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dan Rektor Universitas Diponegoro pada periode 1998-2006.

Di bidang keahliannya, Eko pernah mengemban jabatan sebagai Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Cabang Jawa Tengah (1987-1992) dan Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Cabang Jawa Tengah (1992-sekarang).

Eko juga adalah anggota Dewan Habitat International Council (HIC) Mexico, Eastern Regional Organization on Planning and Housing (EAROPH) Malaysia, dan International Federation for Housing and Planning (IFHP) Belanda.

Sering sekali pula Eko menyajikan makalah dalam berbagai pertemuan ilmiah di mancanegara. Ia juga menjadi pakar di beragam lembaga, termasuk menjadi Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Tengah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X