Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eko Budihardjo, Mantan Rektor Universitas Diponegoro Berpulang

Kompas.com - 22/07/2014, 22:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Mantan Rektor Universitas Diponegoro, Eko Budihardjo, meninggal pada Selasa (22/7/2014) malam, di Semarang, Jawa Tengah. Kabar duka ini langsung menyebar luas di Twitter.

"Dari Allah kembali ke Allah: kuterima kabar duka, Prof Ir Eko Budihardjo berpulang. Guru, panutan, peneduh handai taulan. Sugeng tindak," tulis budayawan Jawa Tengah, Prie GS, lewat akun Twitter-nya, Selasa malam, di antara ucapan duka yang bertebaran di lini masa.

Pemegang gelar insinyur arsitek dari Universitas Gadjah Mada angkatan 1969 ini adalah putra kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah, kelahiran 8 Juni 1944. Gelar masternya di bidang Perencanaan Kota dia dapatkan dari University of Wales Institute of Science and Technology, Inggris, pada 1978.

Eko pernah menjabat sebagai Kepala Biro Penelitian Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Ketua Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dan Rektor Universitas Diponegoro pada periode 1998-2006.

Di bidang keahliannya, Eko pernah mengemban jabatan sebagai Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Cabang Jawa Tengah (1987-1992) dan Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Cabang Jawa Tengah (1992-sekarang).

Eko juga adalah anggota Dewan Habitat International Council (HIC) Mexico, Eastern Regional Organization on Planning and Housing (EAROPH) Malaysia, dan International Federation for Housing and Planning (IFHP) Belanda.

Sering sekali pula Eko menyajikan makalah dalam berbagai pertemuan ilmiah di mancanegara. Ia juga menjadi pakar di beragam lembaga, termasuk menjadi Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com