Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Comal Ambles, Pelabuhan Kendal Siap Jadi Jalur Alternatif

Kompas.com - 21/07/2014, 20:56 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso, menegaskan, Pelabuhan Kendal yang terletak di Kaliwungu, siap digunakan untuk jalur alternatif laut Tegal-Kendal, apabila hingga hari ‘H’ lebaran, jembatan itu masih belum bisa dilewati.

Pelabuhan Kendal, kata Barso, sudah bisa digunakan untuk bersandar kapal besar, termasuk kapal feri Roro, yang akan dioperasikan untuk mengangkut angkutan berat.

“Saya membaca berita, kalau Kementerian Perhubungan tengah mengkaji kemungkinan penggunaan kapal feri roro untuk menyeberangkan kendaraan di jalur Comal, Pemalang yang tidak dapat melewati jembatan akibat amblas,” kata Subarso, Senin (21/7/2014) petang.

Subarso menjelaskan, selain Pelabuhan Kendal yang sudah bisa digunakan bersandar untuk kapal besar, kondisi jalan pelabuhan juga sudah baik. Jalan sudah dibeton dan bisa dilewati angkutan berat. “Jalannya sudah dibeton,” ujar dia.

Menurut Barso, Pelabuhan Kendal letaknya strategis, sebab dekat dengan Semarang. Jaraknya dengan jalan lingkar Kaliwungu, juga hanya sekitar 1,2 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com