Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Comal Ambles, Rencana Pengamanan Arus Mudik Pun Berubah

Kompas.com - 21/07/2014, 11:50 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


BREBES, KOMPAS.com - Amblesnya Jembatan Comal di jalur utama pantai utara (pantura) Pemalang, Jawa Tengah, berdampak pada perubahan rencana pengamanan arus mudik Polres Brebes (baca juga: Jelang Arus Mudik, Jembatan Comal Pemalang Ambles). Sebanyak 1.480 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan instansi pemerintah sebagian akan difokuskan ke jalur utama Tegal-Purwokerto.

Kapolres Brebes, AKBP Ferdy Sambo, mengatakan perubahan pola pengamanan berubah karena hingga kini jalur tersebut masih macet total imbas dari pengalihan arus dari pantura menuju jalur selatan via Purwokerto.

Sebagian personel akan ditempatkan di titik rawan longsor seperti Tanjakan Siregol di Kecamatan Tonjong dan sejumlah titik kepadatan jalan.

"Selain personel, kita menempatkan dua derek di wilayah Tonjong dan Paguyangan karena banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak," kata Ferdy saat apel gelar pasukan pengamanan Lebaran 2014 di Stadion Karang Birahi, Senin (21/7/2014).

Nantinya, empat derek akan siaga penuh 24 jam untuk menarik kendaraan berat yang tidak kuat menanjak mengingat jalur Tegal-Purwokerto daerah perbukitan.

Ferdy menjelaskan, kendaraan pemudik yang akan ke Semarang dan Jawa Timur akan dipecah selain ke jalur pantura, juga ke selatan melewati ke Purwokerto karena hingga kini perbaikan Jembatan Comal masih berlangsung.

"Kita pecah arus mulai dari pintu keluar tol pejagan sebagian ke selatan, namun kendaraan kecil tetap kita lewatkan ke pantura," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com