Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Sepeda Motor Juga "Mudik" Gratis dari Surabaya

Kompas.com - 21/07/2014, 03:56 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Selain menyediakan mudik gratis bagi 131.055 warganya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga mengalokasikan pengantaran gratis 500 sepeda motor yang digunakan untuk mudik dari Surabaya. Kebijakan ini bertujuan meminimalkan kecelakaan sepeda motor yang selama ini mendominasi kasus selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Sebanyak 70 persen kecelakaan angkutan Lebaran selalu melibatkan pengendara motor," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Pemprov Jatim Wahid Wahyudi, Minggu (20/7/2014) malam, tentang alasan peluncuran program tersebut.

Wahid mengatakan, pemudik bersepeda motor yang mendapat fasilitas truk gratis dalam program ini adalah mereka yang lokasi tujuan mudiknya cukup jauh dari Surabaya, yakni dengan kota tujuan Jember, Banyuwangi, Madiun, Trenggalek, dan Sumenep.

''Truk pengangkut motor akan berangkat sehari sebelum bus gratis diberangkatkan sehingga motor akan sampai lebih dulu ke rumah pemiliknya," tambah Wahid. Pendaftaran mudik motor gratis dibuka sejak pertengahan bulan lalu sampai kuota habis di kantor Dishub LLAJ Provinsi Jatim.

Penyerahan kendaraan yang akan diangkut dilakukan mulai Senin (21/7/2014) dan Selasa (22/7/2014). Pengantaran motor akan dilakukan pada Kamis (24/7/2014). Tahun ini, mudik dan balik gratis Pemprov Jatim disediakan bagi 131.505 penumpang, memakai angkutan darat dan laut.  

Untuk angkutan darat, disediakan 550 bus dengan masing-masing kapasitas 50 tempat duduk penumpang ke berbagai tujuan di Jawa Timur. Adapun tiga kapal laut antar-pulau mengangkut 6.400 penumpang dalam sekali jalan. Lalu, 16 rangkaian kereta api menyedikan 16 perjalanan selama tujuh hari dengan penumpang gratis yang terangkut berjumlah 83.905 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com