Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban #MH17 Charles Tamtelahitu Gagal Hadiri Pemakaman Ibunya

Kompas.com - 18/07/2014, 17:08 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Salah satu korban tewas Malaysia Airlines MH17, Charles Tamtelahitu (63), Jumat (18/7/2014), gagal menghadiri pemakaman ibunya, Agustin Hermelina Lekatompessy, di Surabaya.

Charles juga gagal bertemu keluarga besarnya yang sudah menunggunya di Surabaya sejak dua hari lalu. Charles sedianya pergi ke Indonesia dengan dua anaknya dari Belanda. Namun, karena ramainya intensitas penumpang penerbangan ke Indonesia, akhirnya dua anaknya itu batal ikut menghadiri pemakaman neneknya. (baca juga: Abang Dirut Humpuss Ikut Terbang di #MH17).

"Semula Pak Charles tidak kebagian kursi penerbangan, yang mencarikan satu kursi ya adiknya (Theo Lekatompessy) karena Pak Theo memiliki banyak jaringan di dunia usaha penerbangan," kata Sekretaris PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk, Daryono, saat menghadiri kebaktian untuk Agustin Hermelina Lekatompessy di Persemayaman Adijasa, Surabaya.

Agustin Hermelina Lekatompessy meninggal pada usianya yang ke-80 di Surabaya, 16 Juli lalu. Hingga Jumat (18/7/2014) siang, jenazah disemayamkan di Adijasa Surabaya dan akan dimakamkan di kompleks pemakaman Kembang Kuning, Surabaya.

Charles sudah puluhan tahun berada di Belanda, tepatnya sejak perang kemerdekaan RI berkecamuk di Indonesia. "Dia jarang pulang ke Indonesia, paling hanya setahun sekali saat keluarga merayakan Natal," kata Theo Lekatompessy.

Charles adalah salah satu penumpang pesawat Malaysia Airlines berkode penerbangan MH17 yang jatuh di wilayah Donetsk, Ukraina, pada Kamis (17/7/2014) sore waktu setempat. Pesawat Boeing 777 itu diduga diserang oleh milisi pro-Rusia di Ukraina.

Semua penumpang dan awak yang ada dalam pesawat itu tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com