Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih 70 Persen Suara, Prabowo Menang di Kabupaten Tasikmalaya

Kompas.com - 16/07/2014, 22:27 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul hingga 70 persen suara di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jumlah ini diketahui setelah KPU Kabupaten Tasikmalaya melakukan Rapat Pleno Penghitungan Suara Pilpres di Gedung Dakwah, Singaparna, Rabu (16/7/2014).

“Pasangan nomor urut satu mendapatkan keunggulan sampai 70,69 persen di Kabupaten Tasikmalaya, dengan perolehan suara sebanyak 647.755 suara,” kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat seusai rapat, Rabu sore.

Deden menuturkan, hasil rapat pleno penghitungan suara Pilpres ini memutuskan seluruh jumlah suara sah berjumlah 916.323 suara. Pasangan nomor urut satu mendapatkan suara sebanyak 647.755 atau 70,69 persen, sedangkan pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla meraih suara sebanyak 268.568.

Hasil perolehan suara yang dimenangkan pasangan nomor urut satu ini telah disahkan dan telah dikirim bersama seluruh bukti surat suara ke KPU Provinsi Jawa Barat. “Sudah disahkan melalui rapat pleno dan telah dikirim dengan penjagaan ketat kepolisian ke kantor KPU Provinsi Jawa Barat,” kata Deden.

Sedangkan partisipasi pemilih pada Pilpres di wilayahnya mencapai 68,32 persen dari seluruh daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 1.476.853 hak pilih. Jumlah ini ada peningkatan dibanding partisipasi pemilih pada pemilihan legislatif pada April lalu. “Jumlah yang tidak sahnya pada Pilpres sekarang hanya sebanyak 9.009 surat suara,” tambah Deden.

Proses rapat pleno penghitungan suara Pilpres di Kabupaten Tasikmalaya, kata Deden, berjalan aman, lancar dan tertib. Hal ini tak lepas dari dukungan petugas kepolisian setempat yang terus bersiaga penuh menjaga jalannya proses rapat. “Saya berterimakasih kepada seluruh jajaran kepolisian yang menjaga penuh proses rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pilpres,” tambah dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com