Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Palang Pintu, Belasan Pelintasan KA di Demak Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 16/07/2014, 21:58 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com — Belasan jalur pelintasan kereta api di Demak, Jawa Tengah, tanpa palang pintu sehingga membahayakan bagi para pengguna jalan karena rawan terjadi kecelakaan.

"Kita mencatat ada 17 pelintasan kereta api tanpa palang pintu sepanjang Mranggen-Karangawen, baru dua yang ada palang pintunya," kata Kepala Polres Demak AKBP Setijo Nugroho didampingi Kepala Sub Bagian Humas Polres Demak AKP Sutomo seusai melakukan pengecekan jalur kereta api, Rabu (16/7/2014).

Menurut kapolres, pihaknya telah melayangkan surat kepada PT Kereta Api Indonesia agar segera dibuatkan palang pintu untuk meminimalisasi kecelakaan. Terlebih beberapa hari sebelumnya terjadi kasus kecelakaan di pelintasan tanpa palang pintu di Desa Jamus, Mranggen. Kecelakaan itu mengakibatkan empat orang meninggal dunia karena tertabrak kereta api.

"Pelintasan tanpa palang pintu memang jalan desa, tapi tidak boleh diabaikan begitu saja, karena juga ramai lalu lintasnya. Selama ini di pelintasan tanpa palang pintu dijaga oleh para relawan yang bekerja siang dan malam mengatur arus lalu lintas," kata Setijo.

Sementara itu, berdasarkan hasil pengecekan jalur kereta api di wilayah Demak, secara umum dalam kondisi aman dan siap menghadapi angkutan Lebaran. Seluruh lintasan, bantalan, serta penjepit rel tidak mengalami masalah. Hanya masih ditemukan sejumlah penjepit rel yang lepas.

"Pengecekan ini untuk memastikan bahwa rel di jalur Pantura, Demak, aman dilalui kereta api, dalam rangka persiapan menghadapi angkutan Lebaran,” kata Setijo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com