Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Barat Siapkan Pagar Betis untuk Jalur Mudik

Kompas.com - 16/07/2014, 06:37 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Polda Jawa Barat Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, pagar betis akan dipasang di setiap pelintasan arus mudik dan arus balik di Jawa Barat, terutama di jalur pantura.

"H-7 sudah kita siapkan pagar betis, utamanya di jalur pantura," kata Iriawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/7/2014). Menurut dia, pagar betis tersebut masing-masing berjarak 200 meter hingga 500 meter di sepanjang pantura. Di setiap titik akan ada satu polisi atau tentara.

"Pagar betis ini diterjunkan untuk kelancaran arus mudik, juga untuk mengurai kemacetan," kata Iriawan. Berdasarkan analisis Operasi Ketupat Lodaya 2014, kata Iriawan, jalur mudik pantura merupakan jalur darat yang paling padat dilewati pemudik.

Lokasi terpadat ini, sebut Iriawan, adalah rute dari pelintasan Jomin-Ciasem-Pamanukan Lohbener-Jatibarang-Palimanan-Cirebon. "Jadi 70 persen kendaraan pemudik itu melintasi jalur pantura, makanya terbilang padat sekali," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com