Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,6 SR Guncang Pacitan, Terasa hingga Yogyakarta dan Surabaya

Kompas.com - 14/07/2014, 12:22 WIB

KOMPAS.com
 — Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR mengguncang kawasan Jawa Timur dan sekitarnya, Senin (14/7/2014). Gempa terasa hingga sejumlah daerah di Surabaya dan Yogyakarta.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa yang terjadi pukul 12.05 WIB itu berada di kedalaman 10 km, sekitar 104 km ke arah tenggara dari Pacitan, Jawa Timur.

Seperti dikutip dari Tribun Jogja, getaran gempa dirasakan oleh warga Yogyakarta, termasuk di Jalan Jenderal Sudirman 52, kantor Tribun Jogja. Gempa sempat dirasakan oleh sejumlah karyawan yang sedang bekerja.

Namun demikian, gempa ini tidak membuat panik karyawan yang berada di pusat perkantoran Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta.

"Sempat kaget juga, tapi tidak terasa begitu kencang getarannya," ujar Rini, salah seorang karyawan.

Media sosial Twitter juga ramai dengan kicauan para pemilik akun yang merasakan getaran gempa tersebut. Pemilik akun @dimansaputra misalnya menulis "Jogja bergoyangg. Gempa lagi gempa lagi".

Begitu pula yang dialami oleh pemilik akun @androvnugros. Dia menuliskan "Di lantai 15 dan ngerasa gempa... #ngeri >_< #surabaya".

Tak hanya itu, terdapat sejumlah pemilik akun yang melaporkan bahwa kotanya juga diguncang gempa pada saat yang bersamaan, antara lain Malang, Kediri, dan Blitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com