Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Peringatkan Cuaca Buruk di Selat Sunda

Kompas.com - 12/07/2014, 10:25 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memperingatkan kemungkinan cuaca buruk di perairan sisi selatan Selat Sunda dan barat Lampung, mulai Sabtu (12/7/2014) hingga Minggu (13/7/2014).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Lampung, Agustinus Setyo Nugroho, di Bandarlampung, Sabtu, menyampaikan tinggi gelombang di perairan itu diperkirakan bisa mencapai 2 hingga 3 meter.

Gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di perairan di sisi barat Lampung. Samudra Hindia di barat Lampung bahkan diperkirakan akan menghadapi gelombang setinggi 3 hingga 5 meter.

Menurut Setyo, angin di perairan Selat Sunda bagian selatan akan berkecepatan 5 knot sampai 15 knot, dengan curah hujan tinggi. Gambaran serupa juga diperkirakan terjadi di perairan sisi barat Lampung.

Angin di atas wilayah perairan Indonesia, di utara Khatulistiwa, pada umumnya akan bertiup dari selatan menuju barat. Adapun di sisi selatan khatulistiwa, angin akan bertiup dari arah tenggara menuju barat daya. Angin di kedua sisi khatulistiwa tersebut diperkirakan berkecepatan 20 knot.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com