Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati: Tiru Soekarno, Apa Prabowo Enggak Punya Bapak Sendiri?

Kompas.com - 04/07/2014, 16:09 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut satu, terkesan kerap mengidentikkan dirinya dengan figur Presiden pertama RI Soekarno. Baik penampilan fisik maupun gaya pidatonya pun banyak dinilai mengikuti gaya sang Proklamator.

Ternyata, gaya Prabowo ini tak luput dari perhatian Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang tak lain adalah putri dari Soekarno. Megawati melontarkan kritik kepada Prabowo yang berusaha menyamai penampilan dan gaya ayahnya.

"Lha ngopo yo, kok niru-niru bapakku? Lha apa tidak punya bapak sendiri?" kata Megawati saat memberikan pengarahan kepada ribuan kader dan simpatisan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Alun-alun Bung Karno, Ungaran, Jumat (4/7/2014).

"Lha saya saja enggak pernah niru bapak saya. Biarlah Bung Karno tetap menjadi Bung Karno," imbuhnya.

Rakyat Indonesia, lanjut Megawati, harus diberikan akses yang seluas-luasnya mengenai rekam jejak kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden agar tidak salah memilih. "Jangan terkecoh gagahnya, gantengnya, tapi lihat rekam jejaknya," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Megawati juga berbicara mengenai cita-cita proklamasi yang belum terwujud hingga saat ini, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Apa cita-cita proklamasi sudah terwujud? Ini yang akan kita perjuangkan bersama Jokowi-JK," kata Mega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com