Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Akan Cek Sistem Damkar di Seluruh Gedung

Kompas.com - 03/07/2014, 12:07 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil meminta kepada seluruh pemilik dan pengelola gedung bertingkat di Kota Bandung agar memeriksa seluruh kelengkapan alat pemadam kebakaran di dalam gedung.

Untuk memastikan hal tersebut, pria yang akrab disapa Emil ini meminta kepada dinas pemadam kebakaran untuk terjun langsung mendata sistem deteksi dini kebakaran di gedung-gedung di Kota Bandung.

"Minggu-minggu ini dinas kebakaan mulai me-mapping (memetakan)dan memberi edaran- edaran ke semua bangunan," kata Emil di Bandung, Kamis (3/7/2014).

Berkaca dari kebakaran pusat perbelanjaan Kings pekan lalu, Emil meminta kepada seluruh pemilik gedung untuk memastikan terlebih dahulu springkler masih menyala. Pasalnya, Emil menjelaskan, besarnya api dalam kejadian tersebut karena listrik sudah kadung dimatikan sebelum springkler menyala.

"Saya minta semua gedung yang banyak manusia sistem springkler-nya harus jalan," ucapnya.

"Di Kings itu kalau springkler-nya menyala api bisa berkurang banyak, tapi kemarin ada SOP yang dilanggar, begitu api menyala buru-buru mematikan listrik, jadi springkler-nya nggak bisa bergerak, harusnya kalau springkler sudah tidak kuat, baru listrik dimatikan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com